Featured Post

Modal Rakyat Memberi Solusi bagi Investor dan UMKM

Mengenal Instalasi dan Generator Listrik

sewatama


Listrik merupakan salah satu energi yang sangat dibutuhkan oleh kehidupan sebagai penunjang segala aktivitas keseharian. Apalagi di zaman digital ini, hampir segala aktivitas tergantung dengan peralatan yang menggunakan energi listrik. Oleh karenanya, dibutuhkan energi listrik yang semakin besar dari hari ke hari. Diciptakan pula beragam jenis alat penghasil listrik demi menunjang besarnya kebutukan akan energi listrik tersebut. Salah satu jenis alat penghasil listrik adalah generator untuk listrik.

Generator listrik ini menghasilkan energi listrik dengan cara mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Generator listrik juga memberikan gaya pada elektron bebas agar arus listrik dapat mengalir ke rangkaian luarnya. Untuk bisa menghasilkan listrik, generator listrik memerlukan sumber energi mekanik dari luar agar dapat diubah menjadi listrik. Sumber energi mekanik yang umum digunakan saat ini juga berasal dari mesin turbin tenaga uap, turbin dari tenaga air (PLTA), atau bisa juga turbin dari tenaga angin. Umumnya saat ini, listrik yang kita nikmati adalah hasil dari generator listrik ini.

Generator listrik terdiri dari sebuah dinamo besar yang berfungsi sebagai pembangkit listrik. Bagian dari generator listrik inilah yang bertanggung jawab untuk mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Dari sejarah generator, generator listrik pertama kali ditemukan oleh Faraday pada tahun 1831, yang dikenal dengan nama Generator cakram Faraday.. Faraday merangkai generator listrik yang dibuat dalam bentuk gulungan kawat pada besi berbentuk U. Cara kerja dari generator listrik adalah memanfaatkan prinsip induksi elektromagnet, yaitu dengan memutar suatu kumparan dalam medan magnet sehingga timbul energi induksi.

Perangkat instalasi listrik ini memiliki 2 komponen utama yaitu: bagian yang diam (sator) dan bagian yang bergerak (rotor). Rotor akan berhubungan dengan poros generator listrik yang berputar pada pusat stator. Selanjutnya, bagian poros generator listrik tersebut akan berputar dengan menggunakan gaya eksternal, seperti yang berasal dari turbin air maupun turbin uap. Berdasarkan jenis arus listrik yang dihasilkan, generator listrik dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu generator listrik Alternator (AC = arus bolak balik) dan generator listrik dinamo (DC = arus searah). Generator listrik AC ini dapat dikenali dari adanya 2 buah stator. Kutub-kutub magnet yang berlawanan saling dihadapkan, diantara kedua kutub magnet inilah medan magnet dihasilkan.

Berbicara mengenai perangkat instalasi listrik, kini telah hadir pula perusahaan yang menyediakan beragam solusi dan servis kelistrikan. secara online. Dialah Sewatama, perusahaan yang telah lebih dari 22 tahun dalam memberikan solusi kelistrikan. Di sini, juga memberikan layanan konsultasi untuk masalah kelistrikan. Ragam layanannya bisa dilihat di sewatama.com.

sewatama


2 Responses to "Mengenal Instalasi dan Generator Listrik"

  1. Wah baru tahu sewatama saya..
    Ternyata ada perusahaan yang menyediakan solusi dan servis kelistrikan secara online. Ini benar-benar keren!

    ReplyDelete
  2. Aku harap kedepannya sumber listrik Indonesia ga lagi dari batubara, tapi angin dan air yang memang bener2 ramah lingkungan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel