Featured Post

Cara Cermat Mengelola Keuangan Rumah Tangga

4 Penyebab Kerusakan Printer

Pict by freepict

Salah satu jenis peripheral komputer yang berfungsi mencetak dokumen dari komputer untuk dicetak diatas media kertas atau yang lainnya adalah printer. Dengan menggunakan printer ini maka berbagai laporan, gambar, hingga foto, bisa kamu cetak dalam kertas atau yang lainnya. Sekarang, jenis printer yang banyak digunakan adalah printer inkjet. Mencetak menggunakan printer inkjet, caranya dengan menyemprotkan tinta yang berasal dari cartridge ke kertas atau media cetak yang lainnya. Hasil cetakannya sebaiknya tidak langsung disentuh. Karena hasil cetakan yang menggunakan printer Inkjet membutuhkan waktu agak lama supaya kering. Terkadang juga ditemukan permasalahan pada printer sehingga harus dilakukan service printer

Saya pun sudah berulang kali melakukan service printer sejak menjadi mahasiswa. Bagi saya, kejadian semacam ini sangat merepotkan. Apalagi kalau harus membawa printer yang berat itu ke tempat service printer. Belum lagi kalau tugas sudah mendekati deadline. Semakin susah jadinya, karena boros waktu. Tapi kini tak perlu khawatir, karena zaman now service printer pun sudah bisa dilakukan dengan order tukang service secara online.

service printer

Lalu sebenarnya, apa saja sih yang menyebabkan printer mengalami masalah atau gangguan? Barangkali ada yang belum tahu, berikut saya ulas 4 hal penyebab kerusakan pada printer. Diantaranya yaitu:

1. Printer Masih Dalam Keadaan Mati
Penyebab pertama printer macet atau tidak bisa mencetak adalah printer masih dalam keadaan mati. Jika printer mati maka pastinya alat tersebut tidak akan bisa mencetak. Oleh karena itu lakukanlah pengecekan terhadap aliran listrik rumah, pastikan aliran dalam keadaan hidup atau mati. Lalu periksa juga apakah stop kontaknya dalam keadaan baik atau tidak. Jangan lupa juga untuk memeriksa kabel listrik apakah terhubung ke printer atau tidak. Pastikan juga tombol power printer dalam kondisi hidup atau posisi on.

2. Terputusnya Printer Ke Komputer
Koneksi printer bisa terputus karena disebabkan oleh adanya masalah antara printer kabel USB yang menyambungkan printer dengan komputer atau kabel data. Untuk mengatasinya cobalah untuk memeriksa kabel USB yang akan menghubungkan printer dengan komputer, apakah keadaan kabel datanya baik atau tidak. Kemudian periksa kembali kabel datanya dan pastikan kabel data tersebut sudah terpasang dengan baik. Untuk mengetahui apakah kabel datanya bermasalah atau tidaknya, cobalah dengan menggunakan kabel data yang lainnya.

3. Driver Printer Bermasalah
Akar terjadinya permasalahan pada proses pengiriman data dari komputer ke printer dikarenakan ada masalah pada driver printernya, hingga menyebabkan koneksi printernya terputus. Oleh karena itu pastikan terlebih dahulu sudah terpasang dengan baiknya driver printernya. Karena jika driver printernya belum terpasang dengan baik maka printer tidak akan bisa digunakan. Kemudian cobalah untuk mengecek kondisi drivernya dengan cara menjalankan softwarenya. Untuk meyakinkan jika driver printer yang terinstall tidak mengalami masalah maka cobalah untuk menginstal kembali driver printernya.

4. Tintanya Habis
Printer juga tidak akan bisa mencetak dokumen jika tintanya habis. Pada saat dihidupkan printer memang akan tetap berjalan tetapi pada kertas tidak akan adanya nada tulisan atau gambar yang tercetak. Jika kondisinya seperti ini cobalah untuk mengingat ingat kembali kapan hari terakhir kamu mengisi tintanya. Jika kamu merasa tintanya sudah habis maka isi kembali tintanya. Untuk lebih jelasnya cobalah untuk mengecek tinta yang ada didalam catrigenya, jika memang kering head catridenya maka kemungkinannya tintanya memang sudah habis.

Itulah 4 hal penyebab kerusakan pada printer. Selain itu masih ada penyebab lainnya yaitu karena catridgenya tidak terpasang dengan benar sehingga menyebabkan printer macet dan tidak mau bekerja. Jika printer yang kamu miliki rusak, untuk bisa mengembalikan fungsi printer itu kembali maka dibutuhkannya jasa service printer.


7 Responses to "4 Penyebab Kerusakan Printer"

  1. Yang sering gak nyadar adalah kehabisan tinta nih, udah kejadian beberapa kali, akhirnya ngaruh ke printernya. Repot juga kalau printer sampai rusak, sebelum dipakai sebaiknua dicek dulu y mom.

    ReplyDelete
  2. Nah saya sering ini mba printer nya gak terhubung ke komputer, oh bisa jadi dari kabel nya ya? Terima kasih mba infonya.

    ReplyDelete
  3. Yang paling sering aku alami adalah kertasnya enggak masuk ke mesin dan tintanya abis. tapi cartridge printer sendiri harganya mahal banget ya? dari kemarin mau beli kok ketunda-tunda terus

    ReplyDelete
  4. Satu lagi mbak tambahan, pakai tinta yg gak kompatible dengan merk printer. AKu soalnya dulu pernah nyoba pakai yg suntik itu eh ternyata merusak, pasalnya printer kyk gtu harus dipakai terus menerus, kalau bbrp hari gak dipakai bisa kering dan ngrusak jadinya.

    ReplyDelete
  5. Mbak printerku pakai WiFi...nirkabel. Jadi kadang koneksi putus...error, enggak ngeprint, enggak kebaca perintahnya. Duh! Praktis sih tapi banyak masalah juga ternyata.

    ReplyDelete
  6. Aku pakai printer yang tintanya serbuk, jarang banget rewel dibanding yang pakai tinta suntikan. Jadi sdh bertahun2 masih awet terus meski hanya warna hitam saja hehehe...kalau butuh nge print warna baru keluar deh

    ReplyDelete
  7. Aku nih suka gak peduli sama printer. Sampe tau tau rusak aja pas dibutuhin. Terus bingung mau servisnya dimana. Lain kali harus lebih aware lagi nih sama printer, sayang juga kalau harus beli baru ketika butuh.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel