Featured Post

Kasih Ibu Sepanjang Masa, Kasih Ayah Bagai Romansa

5 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Luka Bakar Akibat Cipratan Minyak Panas


Sebagai ibu-ibu, berkecimpung di dapur rasanya sudah seperti aktivitas harian yang tak tergantikan. Kegiatan masak-memasak seperti merebus, mengukus, memanggang, dan menggoreng sudah pasti sangat akrab. Saat melakukan aktifitas menggoreng, mungkin kita pernah terkena cipratan minyak panas. Misalkan, saat sedang menggoreng ikan atau cabe untuk dibuat sambal. Nah saat minyak tersebut terkena kulit, akan menimbulkan rasa panas dan luka bakar. Jika tidak segera diberikan pertolongan pertama, kulit bisa jadi melepuh lho. Ngeri banget kan? Lantas apa yang harus kita lakukan sebagai pertolongan pertama yang tepat untuk menangani kulit yang terbakar karena cipratan minyak?

Jangan khawatir ya, segala luka di dunia ini ada obatnya. Luka sakit hati saja ada obatnya, apalagi luka akibat terkena cipratan minyak. Untuk mengatasinya, berikut 5 bahan alami untuk menyembuhkan luka bakar akibat cipratan minyak panas

1. Mentimun



5 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Luka Bakar
Picture by liputan6.com
Kandungan antioksidan, vitamin C dan K pada mentimun bisa membantu mengurangi rasa terbakar serta peradangan pada kulit yang terkena minyak panas. Caranya adalah dengan memotong mentimun lalu cuci hingga bersih. Kemudian tempelkan irisan mentimun tadi pada kulit yang terkena cipratan minyak panas. Tekan perlahan dan diamkan selama 30-40 menit.

2. Susu dingin



5 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Luka Bakar
Picture by bbc
Selain mentimun, kita juga bisa menggunakan susu dingin untuk menghilangkan luka bekas cipratan minyak. Selain enak diminum dan menyehatkan, ternyata susu dingin bisa menyembuhkan luka terbakar akibat minyak panas seketika lho. Caranya, rendam kulit yang terkena cipratan minyak tadi dalam susu dingin selama 30 menit. Dengan begitu kulit tidak akan terasa panas/terbakar lagi, serta tidak akan menimbulkan bekas luka. Jadi, selalu siap sedia susu dingin di dalam kulkas ya. Karena manfaatnya ternyata sangat besar.

3. Lidah buaya

5 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Luka Bakar
Picture by liputan6.com

Bukan hanya untuk kecantikan, ternyata lidah buaya juga bisa membantu menyembuhkan kulit terbakar akibat cipratan minyak panas. Beberapa kandungan lidah buaya seperti vitamin A, B1, B2, B3, B21, C, E, Kolin, Inositol dan asam folat mampu menenangkan kulit seketika. Selain itu, juga masih banyak kandungan baik lainnya yang diyakini bisa membantu menyembuhkan kulit dari luka bakar ringan.

Caranya, saat pertama kali terkena cipratan minyak panas, segera ambil batang lidah buaya. Kupas dan cuci lalu ambil dagingnya dan kemudian oleskan pada kulit. Selanjutnya perban luka tersebut dengan kain kasa. Jadi, bagi yang belum menanam tanaman lidah buaya di rumah, ada baiknya segera menanamnya buat jaga-jaga kalau sewaktu-waktu membutuhkan.

4. Madu dan bubuk kunyit

5 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Luka Bakar
Picture by hallosehat
Bila luka tidak mengeluarkan darah atau sobek, kita bisa meredakan rasa panasnya dengan menggunakan campuran madu dan bubuk kunyit. Caranya sangat mudah, campur 1 sendok makan madu dengan 1/2 sendok makan bubuk kunyit, aduk rata. 

Kemudian oleskan pada luka dan diamkan selama 30 menit. Bila masih terasa panas, kita bisa mengoleskannya kembali. Namun ada baiknya bersihkan dulu bekas olesan yang pertama dengan air mengalir. Pastikan sudah benar-benar besih, kemudian oles lagi dengan yang baru.


5. Minyak zaitun

Picture by liputan6.com

Terakhir, adalah minyak zaitun. Nah khusus untuk minyak zaitun ini bisa digunakan untuk perawatan luka dan mencegah luka menimbulkan bekas hitam. Caranya sangat gampang kok. Oleskan minyak zaitun secara rutin pada bekas luka bakar selama kurang lebih 1 minggu. Oleskan minyak ini di pagi dan malam hari sebelum tidur.

Itulah 5 bahan alami untuk menyembuhkan luka bakar akibat cipratan minyak panas. Memasak memang menyenangkan, tapi kita harus tetap berhati hati ya, terutama bila itu berhubungan dengan minyak panas, air panas, dan pisau. 

Oh iya, sebagai penutup, saya sarankan sebaiknya saat menggoreng cabe, potong terlebih dahulu. Agar saat cabe di goreng tidak menggembung dan mengakibatkan letusan. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat, see you.

0 Response to "5 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Luka Bakar Akibat Cipratan Minyak Panas"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel