Featured Post

#BukaInspirasi di Era Revolusi Industri 4.0

Optimasi Perekonomian Negeri Bersama Qlapa


optimasi perekonomian negeri bersama qlapa


Bulan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia telah tiba. Saatnya warga berduyun-duyun berpesta pora merayakan kegembiraan 73 tahun telah merdeka. Negeri tercinta begitu ramai dengan hiruk pikuk berbagai lomba. Baik lomba dari tingkat kampung sampai manca negara. Karena bertepatan pula dengan event Asian Games yang diselenggarakan di Indonesia.

Pencapaian yang diraih selama lebih dari setengah abad, yaitu dari sebuah negara yang baru merdeka menjadi sebuah negara berkembang. Dengan diiringi perjuangan para generasi penerus dalam peningkatan kualitas diri yang tetap membara, berbagai prestasi dalam beragam bidang pun berhasil diraih. Salah satunya adalah bidang perekonomian.

Tidak bisa dipungkiri, perekonomian adalah salah satu ujung tombak arus perputaran pembiayaan berbagai aspek kehidupan. Perekonomian yang sehat dan stabil akan menjadikan negara merasa merdeka sepenuhnya. Karena hal ini yang menjadikan sebuah negara mudah untuk mengendalikan arus keuangan, guna pembangunan berbagai aspek dalam negeri.

Namun di bulan kemerdekaan yang seharusnya bersuka cita ini, rupanya Indonesia memiliki beberapa berita buruk yang memenuhi timeline media sosial saya. Selain berita tentang gempa bumi di Lombok dan black campaign para pendukung fanatik capres-cawapres, masih ada berita buruk tentang ekonomi negeri.

Apa itu? Yaitu nilai tukar Rupiah yang tembus di angka 14.000 per dolar AS. Kasihan sekali ya Rupiah kita yang semakin terpuruk. Sebenarnya kita sebagai warga negara yang peduli akan nasib perekonomian negeri, masih bisa menolong kok. Bagaimana caranya? Akan saya ulas di postingan blog kali ini.

Penyebab nilai tukar mata uang suatu negara bisa menguat atau melemah


Sebelum saya lanjutkan, mungkin ada yang bertanya-tanya mengapa nilai tukar mata uang suatu negara bisa menguat atau melemah. Penyebabnya karena adanya peningkatan atau penurunan kebutuhan (demand) dan ketersediaan (suply) antara dua mata uang. Contohnya apabiia kebutuhan terhadap dolar meningkat atau dengan kata lain banyak yang membeli dolar, maka nilai dolar akan menguat/mahal terhadap mata uang negara lain.

Lalu mengapa permintaan terhadap mata uang ini bisa meningkat? Ada tiga penyebab, yaitu:
  1. Peningkatan permintaan mata uang untuk membeli barang atau jasa dari luar negeri (impor) dan untuk membayar hutang negara
  2. Penguatan ekonomi atau pelemahan ekonomi suatu negara
  3. Pelambatan laju ekonomi

penyebab permintaan mata uang meningkat

Fenomena inilah yang terjadi sekarang, sehingga menjadikan nilai tukar rupiah melemah sedangkan dolar menjadi lebih kuat. Indonesia masih sering mendatangkan barang dari luar negeri alias impor produk luar sehingga membutuhkan banyak dolar untuk membayar barang-barang tersebut. Sebagai imbasnya, harga dolar kian meningkat, rupiah pun melemah.

Indonesia juga masih memiliki hutang luar negeri, jelas persoalan ini mengharuskan Indonesia untuk membayar dengan dolar yang lebih banyak. Selain itu, karena dolar meningkat menjadi penyebab kuatnya perekonomian AS, maka AS berinisiatif untuk menaikkan suku bunganya. Tujuannya agar mata uang dolar yang tersebar di seluruh dunia tertarik untuk kembali ke AS. Sehingga dolar yang sudah kuat akan semakin menguat lagi terhadap mata uang negara lain termasuk Indonesia.

Penyebab lain akan turunnya nilai tukar rupiah adalah pelambatan laju ekonomi dari Tiongkok/Cina. Proses ini menjadikan permintaan terhadap produk-produk dari negara berkembang semakin menurun. Tentu saja termasuk terhadap produk yang diekspor dari Indonesia. Nah, karena ekspor dan pemasukan valuta asing berkurang, otomatis menjadikan nilai tukar rupiah semakin melemah.

Cara agar nilai tukar mata uang stabil


Dalam teori, masih ada cara untuk membuat nilai tukar mata uang menjadi stabil. Yaitu dengan menyeimbangkan permintaan dan ketersediaan valuta asing dalam negeri. Wah, bagaimana lagi caranya? Simak yuk!
  1. Memperbanyak ekspor barang dan jasa
  2. Mengelola permintaan valuta asing, dengan pembatasan tertentu misalnya
  3. Meningkatkan daya saing ekonomi, industri nasional, dan kemampuan produksi dalam negeri

cara agar nilai tukar mata uang stabil

Sekarang...
Menjadi tugas kita semua untuk melaksanakan ketiga hal tersebut guna membantu laju roda perekonomian bangsa. Juga sebagai kado ulang tahun ke-73 kemerdekaan Indonesia.

Bersama Qlapa, kita bantu #MerdekaProdukIndonesia


Kemajuan dunia digital, membuat penjajahan belanja online semakin menggiurkan. Segala produk barang dan jasa dari luar dan dalam negeri kini sudah bisa dibeli dan dipesan secara online. Apalagi Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara. Menjadikannya dimanfaatkan sebagai objek pasar dengan jumlah konsumen yang tinggi oleh negara-negara di seluruh dunia. Sebenarnya hal ini bisa menjadi salah satu terobosan untuk menytabilkan nilai tukar rupiah juga.

Hadirnya Qlapa market menjadi pilihan usaha untuk mewujudkan tujuan tersebut. Bersama Qlapa kita bisa berjuang melawan produk impor yang bertebaran di sektor riil/offline. Karena Qlapa sendiri merupakan rumah dari produk handmade Indonesia, asli produksi dalam negeri.
 
contoh produk qlapa
Contoh produk yang dijual di Qlapa
Di sini kita bisa menemukan produk bernilai untuk berbagai keperluan. Misalnya sebagai hadiah atau kado untuk sahabat dan orang-orang tercinta, untuk benda koleksi handmade yang unik, dan sebagai perlengkapan lifestyle agar penampilan kita semakin memukau karena terlihat berbeda dari yang lain.

Di Qlapa, sudah dipastikan kita bisa memilih berbagai produk yang sudah dipilah dengan tepat dan akurat. Mulai dari proses produksinya, hingga penjualannya, sehingga tidak akan ada penipuan secara online.

Analoginya, semakin banyak produsen dan penjual di Qlapa, semakin kuat pula daya saing ekonomi yang tercipta. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan output produk yang berkualitas bagus. Dengan demikian, peningkatan ekspor produk handmade Indonesia yang tiada duanya di dunia bisa terlaksana.

merdeka produk Indonesia

Tunggu apalagi, yuk mari! Kita belanja produk Indonesia di Qlapa. Dengan demikian, berarti kita sudah turut serta memajukan perekonomian bangsa. Karena dengan mengurangi produk impor, dan memperbanyak pembelian produk lokal, kita sudah berupaya memperkuat nilai mata uang negara Indonesia. Jadikan hal ini sebagai kado terindah di ulang tahun kemerdekaan kali ini.



36 Responses to "Optimasi Perekonomian Negeri Bersama Qlapa"

  1. Kita wajib mencintai produk dalam negeri agar kelestarian sumber daya manusia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, dg beli produk dalam negeri, kita sudah berkontribusi membangun ekonomi Indonesia

      Delete
  2. Hayuk mbak berbelanja di Qlapa, selain harganya terjngkau, juga banyak pilihan yg gak kalah bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, biar kelihatan Indonesia banget pake produk lokal yg gak kalah keren dg produk2 impor

      Delete
  3. Penasaran dengan website Qlapa, belum sempat mampir sampai saat ini. Mau ah cari barang berkualitas di sini. Makasih informasi nya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, mampir mom, mumpung Agustus gini banyak properti fashion yg mendukung momennya

      Delete
  4. Memperbanyak ekspor barang dan juga kita bisa lakukan dengan membeli produk asli Industri dalam negeri, agar perekonomian bangsa semakin maju

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga makin banyak barang produksi Indonesia yg bisa diekspor ke luar negeri biar ekonomi Indonesia jg makin baik

      Delete
  5. Aku juga sudah mendengar tentang Qpala ini. Namun sayang belum sempat beraksi. Tapi sudah ada rencana kok belanja di sana. That is such a nice way untuk mendukung perekonomian bangsa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, segera mampir di Qlapa mom. Banyak produk yg bisa jd pilihan buat kita2.

      Delete
  6. Qlapa tuh ngejual produk2 lokal ya..bagus ya membantu umkm dengan meningkatkan penjualan produk lokalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, keberadaan Qlapa bener2 membantu UMKM kreatif yg memproduksi barang dg penuh kreativitas

      Delete
  7. Produk aku juga masuk di qlapa kak. Dan emang e coomerce qlapa ini sangat curated sekali dan emang produknya bagus bagus semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, iya kah? Produk apaan Mbak? Mau lihat2 ntar.
      Emang di Qlapa makin banyak penjual, makin bersaing biar kualitas jg bisa bersaing

      Delete
  8. Setujuuu..
    Produk lokal, besar sumbangsihnya bagi perekonomian negara jika dioptimalkan..
    Dengan membeli produk lokal kita sudah berpartisipasi dalam program ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kita bisa berkontribusi membangun ekonomi Indonesia dengan membeli produk di Qlapa.

      Delete
  9. Produknya original buatan perajin lokal ya. Saya jg pernah belanja di qlapa.com.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh Mb, produk2 lokal semua. Bikin pengrajin Indonesia makin laris karyanya

      Delete
  10. Saya baru tau ttg Qlapa Market ini.. Betul, kita harus mencintai produk kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demi kemajuan perekonomian bangsa juga Mbak. Kalo kita beli, otomatis menambah penghasilan produsennya jg

      Delete
  11. bismillah ya mbak... semoga dengan banyaknya seperti ini. Indonesia mendatang lebih baik lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Semoga kelak benar2 tercapai nilai tukar rupiah yg menguat, gak terus anjlog.

      Delete
  12. Aku jd ngepoin Qlapa hahaha. Lg pengen cari tas buat pergi2 dan bbrp produk lain :D
    OOoo jd seakin banyak kita ekspor barang justru makin bikin mata uang rupiah stabil yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk diborong Mbak produknya yg dijual di Qlapa.
      Iya, makin banyak produsen dalam negeri yg bisa ekspor, makin kuat juga nilai tukar rupiah kita.

      Delete
  13. Wah, aku baru tahu Qlaoa. Bagus-bagus ya produknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, khas Indonesia banget lah pokoknya. Jd bisa menunjukkan jati diri & identitas negeri.

      Delete
  14. Dari mereknya aja lucu bikin penasaran "Qlapa" pasti bagus bagus ya produknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Qlapa ini nama marketnya Mbak. Kalo merk yg dijual sih macam2. Bisa langsung kepoin websitenya deh.. Iya

      Delete
  15. Duuhh jangan naik terus dong ya nilai tukar rupiahnya. Menghambat aku beli-beli baranh dari liar ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah, semakin banyak produk impor maka semakin lemah nilai tukar mata uang kita.

      Delete
  16. Aky pernah bbrp kali belidr qlapa, dab so far suka ama barang2 yg aku beli. Kualitasnya baguus :). Paling sering aku blnja di sana utk beli brg2 khas indonesia buat oleh2 temen di luar negri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iini idenya boleh juga. Buat souvenir ya Mbak. Apalagi kalo banyak teman dr berbagai negara. Pas banget belanja souvenir di Qlapa.

      Delete
  17. Aku beberapa kali pingin belanja si ke Qlapa ini, tapi ujung-ujungnya lebih milih ke tokonya langsung haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak gitu mom, gak perlu ongkir lagi. Kalo dekat, aq juga mau datang & belanja langsung di toko sambil jalan2.

      Delete
  18. Perjalanan dalam "kemandirian" produk lokal memang masih panjang, tapi harus dimulai dari sekarang dan berkelanjutan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, biarpun lambat, yg penting kita harus dukung sepenuhnya daripada tidak sama sekali. Ya kan ya kan...?

      Delete

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel