LOMBA BLOG GURUINOVATIF.ID

LOMBA BLOG GURUINOVATIF.ID
LOMBA BLOG GURUINOVATIF.ID

6 Manfaat Menerima Transaksi Nontunai

Di zaman modern seperti saat ini, transaksi nontunai sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Apalagi bagi mereka yang hidup di area perkotaan. Hampir seluruh tempat perbelanjaan modern, sudah menyediakan alat kasir untuk melayani proses pembayaran nontunai. 

alat kasir
Sumber gambar: Freepik

Mengapa masyarakat mulai beralih dari pembayaran tunai menjadi nontunai? Pasti karena mereka sudah merasakan manfaatnya yang luar biasa serta dampaknya terhadap kondisi keuangan mereka. 

Demikian pula bagi para pelaku usaha sebagai penerima transaksi nontunai. Pasti mereka juga telah merasakan manfaatnya. Karena pembayaran nontunai memang tidak hanya bermanfaat bagi konsumen, namun juga bermanfaat bagi si penerima pembayaran nontunai. Apa saja manfaat yang bisa diperoleh dengan menerima transaksi nontunai ini?

1. Mencegah penularan penyakit melalui bakteri dan virus yang bersarang di uang tunai.

Di masa pandemi seperti saat ini, pembayaran belanja secara nontunai sangat disarankan. Karena terbukti, penularan virus covid-19 salah satunya melalui pertukaran uang yang terlaksana selama proses jual beli di pasar. Uang dipercaya sebagai media penularan virus yang cepat. Sebab, uang telah dipegang banyak orang. Sedangkan kita tidak tahu, orang tersebut sudah terjangkit covid-19 ataukah sehat.

Jika orang tersebut sudah terjangkit covid-19, lalu di uang yang dipegangnya terdapat virus, pasti akan menulari si penerima uang selanjutnya. Makanya, menggunakan transaksi nontunai di segala transaksi sangat disarankan bagi semua orang.

Tidak hanya transaksi jual beli barang di pasar yang disarankan memakai transaksi nontunai menggunakan mesin kasir. Segala jenis transaksi seperti proses pembayaran pengiriman barang, berdonasi, bahkan peminjaman modal usaha pun sebaiknya juga dilakukan secara nontunai. Demi mencegah penularan virus ke orang lain.

2. Menghindari kesalahan penghitungan uang

Pembayaran nontunai dilakukan dengan menggunakan mesin kasir yang dimanfaatkan sebagai teknologi untuk usaha. Penghitungan menggunakan mesin yang terintegrasi kecerdasan buatan, pasti lebih teliti dan cermat daripada penghitungan yang dilakukan oleh kasir secara langsung.

Ada perangkat multifungsi dari GoBiz yang bisa dipakai sebagai mesin kasir. Dengan menggunakan perangkat ini, kesalahan penghitungan uang bisa dihindari karena penghitungan dilakukan oleh mesin.

3. Praktis

Bekerja dengan bantuan teknologi, sudah pasti membuat pekerjaan semakin praktis. Jika pelanggan Anda membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak dalam dompet, apalagi uang koin atau receh, tentunya akan sangat menyusahkan saat bertransaksi nanti. Bisa dibayangkan bukan, bagaimana repotnya menghitung uang receh dalam jumlah yang banyak?

perangkat multifungsi dari GoBiz
Sumber gambar: GoBiz

Contoh kepraktisan pembayaran nontunai bisa dilihat dari bantuan perangkat multifungsi, seperti yang sudah saya ceritakan di atas. Perangkat multifungsi dari GoBiz bisa dipakai untuk cetak struk instan tanpa harus beli bluetooth printer lagi. Selain itu juga bisa menerima pembayaran kartu debit tanpa perlu beli mesin edc, cukup 1 alat sudah multifungsi. Sangat praktis bukan? Tentunya hal ini juga bisa menghemat pengeluaran untuk pembelian alat kasir.

4. Menghindari tindak kejahatan secara langsung

Tindak kejahatan seperti pencurian di toko-toko dengan merampok uang tunai, membobol brankas, sudah terlalu sering dijumpai. Berbeda dengan ketika Anda menerapkan pembayaran nontunai di unit usaha Anda. Uang akan langsung tersimpan di bank atau di e-wallet Anda. Untuk mencuri uang ini, dirasa lebih sulit daripada mencuri uang tunai. 

Bahkan, menggunakan transaksi nontunai bisa menghindari tindak pencurian yang dilakukan oleh kasir sendiri. Kalau menggunakan transaksi tunai, biasanya masih ada saja kasus pencurian oleh kasir sendiri. Jadi, transaksi nontunai lebih aman untuk digunakan pada suatu usaha.

5. Menarik lebih banyak pelanggan

mesin kasir

Peluang untuk memanfaatkan promo dan diskon merchant sudah pasti banyak diburu para pelanggan, terutama dari kalangan wanita. Makanya, mereka biasanya memiliki banyak aplikasi e-wallet di smartphone untuk digunakan sebagai media transaksi nontunai saat dibutuhkan. Jadi, pembayaran secara nontunai ini sudah pasti terlihat lebih menarik untuk dijadikan ajang promosi usaha. Dengan banyaknya pelanggan yang tertarik akan adanya promo dan diskon di tempat Anda, pasti akan menarik jumlah pelanggan yang lebih banyak.

6. Pemasukan lebih terukur dengan pelayanan nontunai

Dengan memanfaatkan alat kasir, otomatis pemasukan usaha akan dihitung oleh mesin tersebut. Pemilik usaha tidak perlu repot-repot untuk menghitung berapa banyak pemasukan harian mereka. Karena semua sudah dihitung secara otomatis oleh mesin. Makanya, pemasukan bisa lebih terukur dengan pelayanan pembayaran nontunai.

Demikianlah ulasan saya mengenai 6 manfaat menerima transaksi nontunai untuk para pelaku usaha. Jadi, pembayaran secara nontunai tidak hanya dirasakan manfaatnya oleh para konsumen. Tetapi bagi para pelaku usaha, juga sangat bermanfaat.
Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

18 Responses to "6 Manfaat Menerima Transaksi Nontunai"

  1. Bener banget mba say. Di zaman yang makin canggih gini memang enaknya non tunai ya. Praktis. Apa-apa tinggal transfer aja. Ga usah cari uang cash atau rempong cari kembalian. Apalagi lagi di pandemi gini ya. Contohnya adanya gobiz ini mempermudah kita kalau transaksi

    ReplyDelete
  2. Sejak pandemi saya jg lebih banyak bertransaksi non tunai mba utk menghindari penularan virus

    ReplyDelete
  3. Transaksi non tunai lebih praktis ya mbak..
    Apalagi skrg kan eranya cashless

    ReplyDelete
  4. transaksi pakai non tunai buat ku pilihan yang tepat selain aman juga lebih praktis dan Praktis juga buat penjual karena gak perlu kembalian

    ReplyDelete
  5. Transaksi non tunai memang berguna sekali ya.
    Saya dari dulu ngga suka bau uang, apalagi kalau yang bentuknya kusut, bau nya mencerminkan banget, makanya dengan adanya transaksi non tunai saya bahagia sekali.

    ReplyDelete
  6. Bawa uang nontunai juga bikin bawaan di tas jadi lebih ringan ya mba. Ga ada lagi istilah bawa dompet tebal kalau mau belanja. Tinggal scan aja, udah kelar proses pembayarannya.

    ReplyDelete
  7. Manfaat dari pembayaran nonton tunai yang Mpo suka adalah diskon. Yap sering ngasih diskon. Yang bikin kita happy dan sering belanja

    ReplyDelete
  8. Aku setuju banget kalau transaksi pembayaran dengan nontunai itu banyak kelebihan. Apalagi di masa pandemi ini, bisa mengurangi kekhawatiran untuk tertular virus.

    ReplyDelete
  9. Akhir-akhir ini aku juga jadi lebih suka bayar bayar pakai non tunai mba, lebih nyaman dan aman rasanya, belum lagi kadang banyak promonya hehe. Btw, Gobiz berarti penyedia mesin kasir non tunai ya mba?

    ReplyDelete
  10. Aku juga sukanya Transaksi non tunai pakai debit. Supaya ga usah bawa uang banyak dan nerima kembalian yang seringkali duitnya lecek-lecek wkwk

    ReplyDelete
  11. Sejak sebelom pandemi pun, aku suka belanja nontunai. Dulu sih alasannya karena biar gak ribet bawa uang cash. UDah gitu suka sebel kalo kembaliannya ganjil. dan duitnya lecek2 Dengan cashless kan jadinya teratasi. Nah saat pandemi lebih suka lagi. Mengurangi menyentuh benda2 yang disentuh umum, ya.

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah,
    Solusi banget dengan cashless ini yaa..
    Sampai emang belanja di komplek juga menerima transfer via mobile banking loo...
    Senang~

    ReplyDelete
  13. Saya pun lebih suka bayar nontunai, lebih praktis dan suka dapet promo cashback, khan lumayan hehe

    ReplyDelete
  14. Banyak kelebihannya bertransaksi non tunai. Salah satunya banyak promo juga hehe. Di luar itu aku setuju dengan yang di-share Mbak Dina di atas🤗

    ReplyDelete
  15. Masa pandemi seperti ini transaksi yang di anjurkan memang nontunai yaa mba dan bener juga meminimalisir bersentuhaan langsung dengan orang dan kuman

    ReplyDelete
  16. Kesalahan penghitungan ini nih yang ribet, soalnya kan kalau selisih ya nombok sendiri, hihi.. Soalnya pernah ngalamin waktu kerja di bagian uang

    ReplyDelete
  17. Praktis ya mbak buat pengusaha kalau pakai perangkat kasir dari GoBiz. Nggak usah melakukan pencatatan harian sudah ada alat kasir yang menghitung dan mencatat pendapatan hari itu.

    ReplyDelete
  18. Transaksi nontunai emang praktis banget ya kak, apalagi kalau lagi banyak promo potongan harga bikin happy banget

    ReplyDelete
Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel