6 Manfaat Menerima Transaksi Nontunai

6 Manfaat Menerima Transaksi Nontunai
6 Manfaat Menerima Transaksi Nontunai

Model Pembelajaran Individual Rotation Blended Learning



Halooo….. sahabat rumah belajar! Perkenalkan, saya Aminnatul Widyana peserta pelatihan Pembelajaran berbasis TIK, level 2 gelombang 9. Saya seorang guru yang mengajar di UPT SD Negeri 1 Gresik, Provinsi Jawa Timur.


Sahabat...


Sudah 2 bulan lebih lamanya, kita terpaksa harus work from home. Dikarenakan adanya pandemi yang melanda dunia, yaitu adanya corona virus disease atau yang biasa disingkat menjadi COVID-19.


Kejadian ini, membuat kita para pendidik, harus mulai belajar berbagai model pembelajaran dalam jaringan, yang bisa diterapkan untuk pembelajaran jarak jauh. Saya yakin, sahabat pasti sudah mencoba berbagai model pembelajaran daring yang dirasa cocok untuk diterapkan di lingkungan masing-masing. Demikian pula dengan saya….


Pada akhirnya saya memilih:


Model Individual Rotation Blended Learning yg memungkinkan siswa belajar melalui semacam stasiun stasiun. Jadwal tiap-tiap individu pun sudah ditetapkan guru.


Blended learning sendiri merupakan model pembelajaran yang menggabungkan antara online dan offline. Jadi, stasiun2 Model Individual Rotation Blended Learning ini bisa dipilih secara online maupun offline. Tentunya, sesuai jadwal yang sudah ditentukan guru & sesuai kemampuan dari masing-masing siswa.


Lalu bagaimana dengan langkah2 pembelajarannya? 


Sebelum pembelajaran dimulai, guru harus menyiapkan kesepakatan jadwal online dan offline bersama siswa.

Siswa yang memilih untuk belajar secara offline membuat janji temu bersama guru di sekolah. Agar guru & siswa bisa memberi & menerima hal2 teknis terkait pembelajaran yg akan dilakukan. Biasanya, yang memilih stasiun offline ini adalah siswa yg rumahnya dekat dengan sekolah dan tidak memiliki smartphone pribadi.


Selanjutnya, sahabat bisa menyimak paparan berikut ini:


Setelah semuanya siap, siswa diberikan opsi stasiun: 


1. Belajar dari salah satu produk Pusdatin, yaitu menonton video TV Edukasi melalui channel YouTube. Biasanya, saya membagikan link-nya secara yang terjadwal.


2. Bagi yang memiliki kendala, bisa menonton acara belajar di rumah yang disediakan TVRI. Video2 pembelajarannya sama dengan poin no 1. Karena memang videonya mengambil dari TV Edukasi.

Dari kedua pilihan tersebut, semua siswa akan mendapatkan soal2 yang sama. Soal harus dikerjakan setelah mengamati video dr TV edukasi. Karena masih SD, siswa bisa mengerjakan dengan bimbingan guru melalui chat WhatsApp. Namun ada juga yang langsung dibimbing oleh orangtua masing-masing di rumah.


3. Opsi yang ketiga ini bisa diambil oleh mereka yang tidak memiliki akses internet maupun tidak memiliki televisi di rumah. Siswa bisa belajar dari salah satu produk rumah belajar yaitu buku sekolah elektronik. BSE ini bisa dicetak dan digandakan sebagai sarana belajar yang disediakan oleh sekolah. Jadi, anak-anak bisa meminjam buku ini dari perpustakaan. 

Saya harus menentukan materi yang akan dipelajari secara mandiri dan memberikan tugas untuk dikerjakan para siswa. Jika sudah dikerjakan, siswa bisa mengirimkan bukti kepada saya melalui WhatsApp saudaranya. Bisa dengan meminjam smartphone kakaknya, atau orangtuanya.



Setelah siswa mengumpulkan hasil belajar, biasanya saya akan memajang hasil karya terbaik mereka di sebuah papan karya. Namun karena sekarang tidak bisa memajang hasilnya di papan karya yang ada di kelas, saya menggantinya dengan memajang hasil karya bukti penugasan siswa di aplikasi padlet, YouTube, dan Instagram.


Langkah terakhir adalah memberikan reward kepada mereka yang terpilih. Reward yang saya berikan berupa pulsa sebagai penunjang kuota internet selama belajar daring.


Demikian garis besar langkah-langkah pembelajaran menggunakan Model Individual Rotation Blended Learning yang telah saya lakukan. 


Akhir kata saya ucapkan:

Semoga bermanfaat dan menginspirasi bagi para sahabat….


Terima kasih rumah belajar dan TV edukasi… Kehadiran layanan kalian, bisa membuat proses belajar kami terasa lebih mudah dan menyenangkan. Kami jadi bisa belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja...


Simak cerita selengkapnya di video berikut ini:



Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

0 Response to "Model Pembelajaran Individual Rotation Blended Learning"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel