Beragam Jenis Syrup yang Sering Dijumpai

Pict by pixabay


Ada beberapa larutan pemanis pengganti gula yang bisa dijadikan bahan tambahan atau campuran makanan dan minuman. Berikut ini di antaranya:

Simple syrup sebagai campuran pemanis multiguna
Sirup merupakan campuran gula dan air dengan perbandingan 1:1. Bentuknya cair dan terasa lengket. Simple syrup biasa digunakan sebagai bahan olesan untuk melembabkan permukaan kue atau disajikan sebagai pemanis minuman di beberapa restoran. Bahkan, pada saat hari-hari spesial datang seperti saat hari raya umat Islam, Idul Fitri, beberapa masyarakat daerah masih mempertahankan tradisi membuat simple syrup secara tradisional.

Molasses/Black Syrup
Sirup ini sulit tergantikan dengan yang lain karena terlalu unik. Warnanya hitam dan memiliki rasa manis yang ringan. Semakin pekat teksturnya maka rasanya akan semakin kurang manis. Black syrup cocok dimasak dengan rempah kayu manis, jahe, dan pala. Selain itu bisa dipakai untuk membuat cookies dan roti agar lebih lembut dan renyah.

Golden Syrup
Sirup ini dibuat dari proses penyulingan ampas molase. Aromanya tidak setajam black syrup dan berwarna keemasan. Karena warna tersebut, golden syrup sering dipakai untuk menggantikan madu  meskipun rasanya tidak semanis madu. Golden syrup dapat dipakai untuk baking dan pencuci mulut serta dituangkan di atas pancake, kue, dan sebagainya.

Jagung/Corn Syrup
Teksturnya kental seperti gelatin. Gula jagung terbuat dari pati jagung yang dipanaskan dengan air lalu nantinya berubah menyerupai gelatin. Kandungan glukosanya cukup tinggi sehingga bisa sejajar dengan gula pasir. Teksturnya yang kental membuat gula jagung sering dipakai untuk menambah volume adonan sehingga tekstur kue atau roti lebih moist.

Jelly
Sama seperti namanya, gula jelly merupakan larutan gula berwarna kuning kental dengan tekstur seperti jel. Gula jelly terbuat dari bahan yang sama dengan simple syrup tetapi memiliki takaran gula yang lebih besar daripada air. Gula jelly sering digunakan untuk pembuatan buttercream. Sering menggunakan genset sebagai suplai energi juga bisa diaplikasikan layaknya gula jelly. 

Gula Diabetes/Alkohol
Eits, jangan panik. Namanya saja yang begitu tapi gula ini tidak mengandung gula ataupun alkohol sama sekali. Gula alkohol terbuat dari tumbuh-tumbuhan alami seperti dedaunan dan buah-buahan. Kalau kita sering merasakan manis ketika makan buah, maka rasa manis tersebut yang diekstrak menjadi gula. Rasanya tetap sama seperti gula pada umumnya serta memiliki beragam jenis seperti sorbitol, mannitol, xylitol, dan sebagainya. Gula alkohol sering ditemukan dalam makanan-makanan berlabel “sugar free”.

Setelah mengetahui beberapa jenis syrup yang sering dijumpai, barangkali ada di antara Anda yang terinspirasi untuk memproduksi dalam jumlah yang banyak. Seperti contohnya di gresik sini, banyak sekali home industry yang memproduksi sirup temulawak. Kadang juga sudah berupa minuman siap saji dalam kemasan. 

Untuk memulai usaha tersebut, sudah pasti memerlukan suplay listrik juga. Bahkan bisa jadi, Anda memerlukan suplai listrik tambahan saat ada pemadaman atau kerusakan tertentu. Sebagai alternatifnya, Anda juga dapat menggantikan suplai listrik usaha yang Anda jalani dengan menggunakan sewa genset Surabaya. Mengapa saya rekomendasikan di Surabaya, karena Surabaya merupakan wilayah yang terdekat dengan tempat tinggal saya.

Silakan buka link http://sewatama.com/id/product/power-rental/ untuk mengetahui lebih lanjut.



1 Response to "Beragam Jenis Syrup yang Sering Dijumpai"

  1. Waw, dari syrup lari ke genset. Mantap. Saya baru tau ada berbagai macam jenis syrup. Nice sharing mba. BTW, ditunggu komennya di artikel terbaru tentang Aplikasi Club Alacarte. Thanks ya mba Amiwidya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel