Tips Menjual dan Membeli Ruko

Tips menjual dan membeli ruko

Baik menjual ataupun membeli dalam aktivitas transaksi properti, tidak secepat dan semudah pembelian produk lainnya. Hal tersebut dikarenakan beragamnya aspek-aspek yang harus dipertimbangkan mulai rupa dan lokasi produk hingga aspek pembiayaan serta legalitas.

Tidak hanya pada jual beli rumah, tanah, atau apartemen, sektor-sektor properti komersial seperti layaknya perkantoran atau rumah toko (ruko) juga harus mempertimbangkan beberapa hal sebelumnya.

Ruko disebut sebagai salah satu properti komersial yang permintaannya selalu tinggi dikarenakan fungsinya yang berkaitan dengan aktivitas usaha atau bisnis masyarakat.

Seperti halnya menjual dan membeli properti-properti hunian, baik penjualan dan pembelian hingga pencarian informasi tentang properti komersial seperti ruko pun kini semakin mudah pasca beragamnya platform internet yang menyediakan jasa jual beli properti secara online.

Tidak heran jika penetrasi penjualan serta calon konsumen pasca munculnya platform online pun ikut bertambah. Apalagi pengguna internet di Indonesia diketahui mencapai 54,68 persen dari total populasi penduduk, atau dilansir setara 143,26 juta jiwa.

Meskipun terbantu dalam hal menemukan penjual atau calon pembeli, ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam melancarkan aktivitas jual beli ruko. Berikut adalah tips lengkapnya:

Menjual Ruko

Fisik Bangunan
Luas bangunan ruko akan menjadi pertimbangan utama bagi calon pembeli segmented karena beralasan untuk memaksimalkan setiap meter ruangan secara fungsional. Tidak heran jika rata-rata bangunan ruko yang paling banyak diincar merupakan bangunan ruko bertingkat minimal dua lantai.

Untuk luasannya, idealnya bangunan ruko memiliki panjang ke belakang dan lebar depan bangunan masing-masing minimal 10 meter persegi dan 3 meter persegi, atau sesuai dengan standar minimal bangunan ruko.

Lokasi
Sama sangat pentingnya dengan fisik bangunan, lokasi dari berdirinya ruko juga sangat menentukan kecepatan penjualan dan harga yang dikenakan. Sangat tepat jika Anda memiliki ruko yang terletak di dalam area perumahan atau pada tempat-tempat yang berdekatan dengan perkantoran dan tempat perbelanjaan.

Desain Menarik
Selain lokasi serta fisik bangunan, desain bangunan juga dapat memerankan poin plus dari ruko yang Anda jual. Untuk mempercepat penjualan dan meningkatkan harga jual ruko, anda sekiranya dapat mengorbankan biaya untuk memaksimalkan desain bangunan ruko.

Misalnya saja keberadaan 2 pintu pada bangunan ruko, yakni pintu depan dan belakang yang dikatakan dapat menimbulkan kesan 'leluasa' dalam aksesibilitas ke dalam bangunannya. Selain itu, dalam sisi pewarnaan, pemilihan warna cerah seperti merah, oranye, atau kuning pada eksterior ruko dapat memberikan kesan mewah bangunan serta mudah mencuri pandangan calon pembeli yang lewat di depan bangunan ruko.

Membeli Ruko

Lokasi
Sama seperti halnya menjual ruko, anda harus mengetahui kestrategisan lokasi ruko yang akan anda miliki. Beberapa lokasi yang disarankan pun pada dasarnya sama, yakni di sekitaran perumahan yang telah banyak penghuninya atau memiliki posisi di blok dengan keramaian lalu lintas kendaraan.

Meskipun banderolan harganya tidak dapat dipungkiri menjadi lebih mahal, kualitas lokasi akan berperan untuk memberikan kesuksesan dari usaha yang anda buat serta memiliki potensi untuk penyewaan kembali.

Terdapat catatan penting yang harus diperhatikan dalam hal legalitas lokasi terbangunnya ruko yang diincar. Jangan sampai ruko tersebut dibangun di atas lahan yang tidak jelas legalitasnya.

Kualitas Bangunan dan Area Ruko

Mengetahui kualitas bangunan dan area menjadi poin yang penting untuk diketahui sebelum membeli ruko karena berkenaan dengan kenyamanan para pembeli saat membuka usahanya. Beberapa poin yang harus diperhatikan khususnya pada area ruko yaitu aspek keamanan, kebersihan di sekitaran area ruko, serta fasilitas tempat parkir yang disediakan.

Bandingkan Harga

Meskipun dari aspek lokasi dan bangunan tergolong sangat bagus, calon pembeli juga harus mengetahui harga kisaran ruko disekitarnya. Apakah harga yang ditawarkan wajar atau tidak untuk kelas ruko di wilayah tersebut. Jangan sampai harga yang ditawarkan justru memberatkan anda dalam persiapan membuka usaha baru Anda.

Mungkin saja dalam satu blok yang menyediakan beragam ruko, calon pembeli dapat menemukan harga yang paling murah di bawah budget pembeliannya. Untuk menemukan harga yang terbaik, calon pembeli dapat bertanya-tanya kepada agen properti profesional setempat yang sudah pasti mengetahui harga pasaran ruko di kawasan tersebut.

21 Responses to "Tips Menjual dan Membeli Ruko"

  1. Whuaa bicara soal ruko, kalau di Jakarta selatan ini harganya udah selangit, tapi tetep aja lho laris manis... Kebanyakan sih disewakan. Nah siip tipsnya nih siapa tau ada rezeki bikin ruko terus bisa nyewa/jualin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaiyalah Mb... Jakarta... Pasti harganya selangit. Itu ruko pasti investasinya orang-orang crazy rich semua. Nyatanya disewain aja kan?

      Delete
  2. Tips ini jarang banget dibaca karena pembahasannya jarang ditemui. Makasih sharingnya mba, jadi tau kalo jual beli ruko itu mengutamakan yang lantai 2 karena efisiensi lahan ya, berarti agak "sia2" donk yg sudah bangun 1 lantai aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang namanya ruko, rumah toko uda pasti mayoritas dibangun 2 lantai. Bagian bawahnya utk toko, bagian atasnya utk rumah

      Delete
  3. Wah sempat pingin beli ruko, makasih nih tipsnya bisa di bookmark-in

    ReplyDelete
  4. Pertimbangan lokasi saat membeli ruko memang penting banget, Apalagi ruko biasanya dipakai untuk jualan juga

    ReplyDelete
  5. pengen bangettt punya ruko, tapi gak sanggup deh kayanya tinggal dirukonya, hihihi, pengenya di sewain aja gitu deh mbak, pernah nemuin gitu disewakan dua lantai, yang lantai 1 jadi tempat makan dan lantai duanya jadi salon, tapi jarang yah mbak ada yang mau sewa 1 lantai gitu yah

    ReplyDelete
  6. lokasi memang sangat menentukan. dulu bapakku buka usaha jualan sate kambing di sebuah ruko di daerah probolinggo. tempatnya agak masuk ke dalam eeh sepi yaa jadinya tutup deh hehe

    ReplyDelete
  7. sahabatku juga di Indramayu prefer beli ruko jadi dibawah jualan atasnya langsung rumah anaka2 jd keawasin juga. Nah sewa ruko emang lumayan sih y mba kalau disini apalagi kalau lokasinya temgah kota beuh hargana selangit

    ReplyDelete
  8. Di Jakarta gila harga rukonya. Padahal ekonomis lho ya...bawah untuk tempat usaha, atas tempat tinggalnya. Dan tips di atas bisa jadi panduan saat membeli dan menjual.

    Tapi itu foto rumah tinggal sepertinya Mbak..bukan ruko.

    ReplyDelete
  9. Ngga cuma buat beli rumah ya, jual dan beli ruko pun harus teliti dan banyak strateginya. Soalnya kan buat muter usaha juga. Thanks for sharing mba

    ReplyDelete
  10. Wah ruko emang investasi yg menggiurkan yah mb,enak jg lho klo pnya ruko ini atas dipakai tempat tinggal dibawah tempat usaha

    ReplyDelete
  11. Tipsnya berguna banget nih huat yang mau beli ruko. Jarang-jarang ada yang bahas tentang ruko. Biasanya selalu bahas rumah..

    ReplyDelete
  12. ruko sekarang memang menjamur dimana-mana ya. biasanya kalau letaknya strategis lumayan menguntungkan rukonya

    ReplyDelete
  13. Thanks buat tips nya kebetulan lagi cari ruko buat buka cabang kedai aku nih biar diatas bisa buat gudang dan dibawah tetap rapi. Hehehehe

    ReplyDelete
  14. Jadi inget pas jaman SMK di tahun 2014 saat magang di ruko daerah Kendal. Dulu aku suka membanding-bandingkan ruko ini dan ruko itu. Melihat kekurangan dan kelebihannya dan sampai saat ini aku masih pengen banget punya ruko di daerah Kendal.

    ReplyDelete
  15. Aku dulu pernah tinggal di lantai 2 ruko, lantai 1 dipakai mama buat buka usaha. Capek sih tiap hari naik turun, tapi buat mama jauh lebih praktis dan hemat :)

    ReplyDelete
  16. Aku dulu penegn beli ruko, tapi akhirnya beli rumah biasa, soalnya mikir anak2 jalan naik turun tangga. Cuma mungkin kalau anak2 dah gede dan ada rezeki mau jg inves rujo, kalau gak dipakai sendiri ya disewakan aja :D

    ReplyDelete
  17. Kadang suka lihat beberapa ruko, yang awalnya dibangun bagus banget lalu tak gampang ternyata untuk menjualnya karena beberapa kali lewat masih suka banyak yang kosong atau kebanyakan dengan ending ya terbengkalai gitu saja. Tapi sekarang kalau jual ruko apalagi daerahnya strategis pasti cepat sekali lakunya ya mbak.

    ReplyDelete
  18. Recomend buat para investor nih. Vener2 harus teliti yah. Ternyata yang harus pake tips bukan cuma buat yang beli aja , yang jual juga harus tau tips nya biar cepet laku

    ReplyDelete
  19. Lokasi tu penting banget deh klo mau beli ruko. Di daerah ku banyak banget ruko yang sepi dan akhirnya tutup.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel