Featured Post

Pakai Veet, dan Nikmati #BeAConfidentYou

Penyebab Haid Tidak Lancar


Penyebab Haid Tidak Lancar


Setiap wanita dewasa yang normal, selalu memiliki tamu bulanan tersendiri. Yakni siklus mensturasi atau biasa disebut juga haid. Siklus alami yang datangnya setiap bulan sekali ini sejatinya memiliki fungsi untuk membuang darah yang tidak dibuahi. Siklus ini terjadi pada wanita yang sudah memasuki masa pubertas. Ada perbedaan di setiap wanita yang sedang haid, yaitu terletak pada kelancaran siklus haidnya. Ada yang mengalami haid lancar dan juga ada haid yang tidak lancar. Nah, kalaupun Anda termasuk wanita yang mengalami haid yang tidak lancar, bisa saja itu disebabkan oleh berbagai macam hal. Adapun faktor haid tidak lancar ini bisa dijelaskan sebagai berikut.

1. Faktor Stress berlebih

Jangan pernah meremehkan faktor strees yang sering melanda Anda. Kenapa? Pasalnya, stress ini bisa mempengaruhi produksi dari hormon estrogen menjadi tidak seimbang, dan nantinya akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran proses mensturasi. Kalaupun Anda sedang mengalami stress dalam fase menstruasi, ada baiknya Anda melakukan berbagai hal yang bisa meredakan stress Anda. Mungkin bisa dengan berdoa, konseling atau melakukan liburan, serta berjalan-jalan untuk merefreshkan diri. Karena mengalami stress diwaktu haid kadang bisa menjadi salah satu faktor penyebab perut kram pada wanita.

2. Melakukan Diet yang tidak sehat

Dengan melakukan diet, tubuh bisa saja mengalami kekurangan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sendiri. Selain itu, dengan melakukan diet yang tidak sehat bisa juga menjadi salah satu faktor yang membuat kemampuan tubuh Anda seakan menjadi melemah, terutama saat menghadapi siklus menstruasi atau haid. Untuk itu lakukan diet alakadarnya saja dan jangan terlalu ketat.

3. Kebiasaan minum alcohol

Bagi wanita yang sedang mengalami masa menstruasi, mengonsumsi alcohol berlebih bisa saja mempengaruhi proses kelancarannya. Sebenarnya bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa minuman yang berjenis alcohol ini akan berdampak buruk bila dikonsumsi secara berlebihan dan berkepanjangan. Jadi sebaiknya hindari minuman beralkohol untuk menjaga gaya hidup agar tetap sehat.

4. Tubuh yang terlalu kelelahan

Kondisi yang sedang tidak fit atau terlalu kelelahan bisa menjadi salah satu indikasi ketidaklancaran proses menstruasi. Faktor kelelahan ini bisa diakibatkan oleh wanita yang kurang tidur dan juga yang mempunyai jadwal yang padat. Sehingga dengan begitu, kemampuan tubuh untuk menghasilkan hormon estrogen menjadi sulit untuk ditingkatkan. Dimana hormon ini menjadi salah satu pemicu kelancaran proses haid itu sendiri. Jadi usahakan istirahat yang cukup untuk menjaga stamina dan kebugaran tubuh.

Demikian informasi tentang penyebab haid tidak lancar yang sering dialami oleh wanita. Dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar masalah menstruasi dan permasalahan kesehatan, hanya di situs website atau aplikasi kesehatan terbaik saat ini yakni, guesehat.com.


0 Response to "Penyebab Haid Tidak Lancar"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel