Featured Post

Tempat Investasi Paling Tepat Bagi Pemula

Bagaimana Cara Venture Capital Bekerja?


Cara Venture Capital Bekerja

Halo pengunjung semuanya... Kali ini ada satu postingan lagi yang sifatnya agak "berat" di otak ya. Suatu hal yang sudah pasti terdengar asing bagi orang yang awam tentang permodalan suatu usaha. Eits, tapi tunggu dulu... Saya akan membahas yang ringan-ringan saja kok sebagai landasan dasar agar kita tak salah persepsi mengenai hal ini. Yuk, langsung saja simak ulasan berikut!

Ketika mendengar Venture Capital atau modal ventura atau disebut juga dengan kapital venture yang mungkin terlintas dalam benak Anda adalah,“Kok ada perusahaan yang mau memberikan pendanaan pada usaha yang mengandung risiko? Dari mana asal uang yang digunakan?” dan beberapa pertanyaan lain yang jika dipikirkan sulit untuk menemukan jawaban yang pasti. Akan tetapi dengan adanya kapital ventura ini, pengupayaan modal bagi usaha rintisan lebih dimudahkan. Berikut ini akan dibahas bagaimana cara kerja dari kapitalis ventura itu sendiri.

Siklus Kerja Venture Capital

Kapital ventura sebenarnya juga sebuah perusahaan. Perusahaan yang bagaimana? Dia adalah perusahaan yang memiliki pengelolaan khusus. Orang-orang yang melakukan pengelolaan dan pengoperasian pada perusahaan ini disebut dengan venture capitalist. Merekalah yang menjalankan kapital ventura dengan cara-cara tertentu, seperti pada ulasan berikut:

1. Mencari Sumber Pendanaan
Sebagai sebuah perusahaan yang tidak memiliki hak dan wewenang untuk mencetak uang, tentunya uang yang digunakan sebagai modal pembiayaan bagi para startup merupakan hasil investasi juga. Para investor dalam bisnis ini disebut sebagai Limited Partners (LP). Limited Parteners dalam usaha venture capital bisa berasal dari konglomerat-konglomerat yang sangat kaya alias crazy rich, Yah, mungkin seperti orang-orang yang sedang booming akhir-akhir ini. Asal dananya itu bisa dari dana mengendap, perusahaan keluarga, dana pensiunan ataupun sumber-sumber yang lain.

2. Pencarian Startup Berpotensi
Setelah adanya uang yang terkumpul dari para limited partner, siklus terpenting dari usaha di bidang ini adalah pencarian startup. Karena startup ini yang akan menjadi poin penting keberlangsungan dari usaha untuk bisa untung ataupun tidak. Terkait dengan risiko yang tinggi, maka tidak sembarang startup bisa mendapatkan pembiayaan. Perusahaan kapital venture juga memberlakukan adanya seleksi startup dari portofolio yang diajukan dan menganalisis tingkat keberhasilan dari usaha yang tengah dirintis. Usaha yang memiliki tingkat keberhasilan tinggi tentunya yang mereka pilih.

Oleh sebab itu, sebelum mengajukan portofolio untuk mendapatkan venture capital, alangkah lebih baiknya jika startup mencari informasi lebih detail tentang kapitalis ventur yang paling aktif di Indonesia beserta syarat-syarat yang diberlakukan untuk bisa mendapatkan pembiayaan. Salah satu perusahaan pendanaan yang paling aktif di Indonesia adalah Convergence venture. Selain memberikan pendanaan, perusahaan ini juga memberikan pengalaman yang relevan bagi startup agar bisa menjalankan apa yang sedang dikembangkan dengan baik sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal.

3.  Melakukan Pembiayaan
Setelah melakukan seleksi startup, proses selanjutnya yakni pembiayaan usaha rintisan yang terpilih. Besar kecilnya pemberian dana tentunya dipengaruhi oleh jenis usaha, prospek usaha, dan faktor-faktor lain yang telah ditentukan. Setelah mendapatkan modal dari perusahaan venture capital, manajemen dari startup tentu akan diawasi. Kapitalis ventura juga berhak untuk memberikan masukan serta melakukan evaluasi terhadap kinerja dari startup. Hal ini dilakukan agar perusahaan mendapatkan pengembalian investasi dengan keuntungan yang banyak.

4. Penerimaan Return
Apabila suatu saat startup yang telah diberi modal oleh kapitalis ventura dijual atau diakuisisi, diinvestasi oleh venture capitalist yang jauh lebih besar dari yang sekarang atau saat startup melakukan IPO (Initial Public Offering) maka pada saat itu venture capitalist akan mendapatkan return dari startup. Dari return inilah perusahaan mendapatkan keuntungan yang bisa digunakan untuk melakukan pembiayaan terhadap startup lain yang baru sekaligus untuk memberikan keuntungan investasi bagi para limited partners.

Demikian adalah ulasan singkat saya tentang cara venture capital dijalankan. Untuk bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang perusahaan pembiayaan Anda bisa mengakses web milik convergence ventures yaitu convergencevc.com.

cara venture capital bekerja

1 Response to "Bagaimana Cara Venture Capital Bekerja?"

  1. Ooh...perusahaan inilah yang modalin startup sampe disebut unicorn ya... nice

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel